BELAJAR BAHASA


 Mendapat kesempatan membaca tugas2 mahasiswa asing yang sedang belajar Bahasa Indonesia, menyadarkan saya akan satu hal: belajar Bahasa, bukan cuma mengerti soal gramatika dan kosa-kata, tetapi bagaimana memahami struktur perasaan dan struktur pikiran dari orang-orang yang menggunakan Bahasa tersebut. Saya semakin sadar juga (:malu maksudnya) membayangkan pembimbing saya atau native... yg membaca tulisan Bahasa Inggris saya tersenyum2 (kecut?): Inggris rasa Indonesia.
(Oh pantesan juga, meskipun saya belajar Bahasa Arab sejak kecil, saya baru bisa memahami rasa Bahasa orang Arab, jauh di kemudian hari setelah saya mempelajari karakter, budaya, dan cara berpikir orang Arab. Kenapa orang Arab, misalnya, senang sekali pakai 'inna' atau huruf qosam,spt dalam 'wallahi, billahi, tallahi' saat memulai kalimat...)
Jadi, kesimpulannya, mempelajari budaya dari Bahasa yang dipelajari adalah hal yang sangatlah penting dalam belajar bahasa apapun.
Oh belajar Bahasa…. Pantesan nulis thesis enggris itu bikin mabok...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Ada Kata Terlambat: Pengalaman tentang Kawat Gigi

Topeng Kaleng: Negosiasi Seni dan Industri

Mencintai Buku Sejak Dini